Bank Sampah Dapat Ubah Paradigma Masyarakat

edit

REMBANG, BLH – Kehadiran Bank sampah dapat meningkatkan kualitas kebersihan lingkungan sekaligus mengubah paradigma masyarakat terhadap sampah. Sampah semula dianggap tidak berguna menjadi sumber daya yang memiliki nilai ekonomis.

Hal itu disampaikan oleh kepala Sub bidang (Kasubid) Pengendalian Pencemaran Udara, Limbah Padat, dan Bahan Berbahaya Beracun (PPU LP & B3) Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Jawa Tengah, Marnang Hartoyo, saat mengunjungi Bank Sampah “Resik Mandiri” Desa Sumampir, Kecamatan Rembang, Purbalingga, Rabu (6/8).

Ia sendiri memuji keberhasilan bank sampah di desa tersebut.  Sampah dari masyarakat dikumpulkan di lokasi dan dipilah untuk dimanfaatkan kembali. Hasilnya kembali untuk kepentingan masyarakat.

“Kunjungan ini dimaksudkan untuk mengetahui kebutuhan bank sampah disini. Ke depan bank sampah ini akan mendapat bantuan. Kami akan memfasilitasi berbagai kegiatan pengolahan lingkungan, utamanya pengolahan sampah,” kata Marnang.

Disposisi Gubernur

Dalam kunjungan itu, BLH Jateng didampingi BLH Purbalingga. Kunjungan tersebut merupakan disposisi langsung dari Gubernur Ganjar Pranowo.

“Saya berharap keberadaan bank sampah ini tidak hanya sampai disini. Pengurus terus semangat dan terus berinovasi, sehingga bisa menjadi bank sampah percontohan di Kabupaten Purbalingga, “ katanya.

Ketua Bank Sampah “Resik Mandiri”, Reza Azhar, berharap bantuan itu akan meningkatkan kemampuan inovasi bank sampah yang digawangi kaum muda tersebut. “Rasanya seperti diberi minum ketika kehausan. Nantinya kami akan lebih mudah untuk berinovasi dalam mengolah sampah, sehingga lebih berguna,” katanya.

edit 3

Kepala BLH Purbalingga, Ichda Masrianto, mengatakan pihaknya akan mendorong masyarakat untuk membuat bank-bank sampah lebih banyak lagi. Sebab penanganan sampah juga harus ada peran serta masyarakat lebih besar lagi.

Selain bank sampah “Resik Mandiri” di Desa Sumampir, juga terdapat bank sampah lain yaitu Bank Sampah “Sami Maju” Kelurahan Purbalingga Kidul, Bank Sampah “Sejahtera mandiri” Kelurahan Purbalingga Lor, dan Bank Sampah “Berkah Limbah” Kelurahan Kembaran Kulon yang berada di Kecamatan Purbalingga. (BLH/Ac)  DSCN4622

You may also like...

1 Response

  1. budi nedyo says:

    kalimat disposisi langsung dari Gubernur Ganjar Pranowo….. luar biasa. kunjungi ya
    resikmandiri.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *