Tiga Sekolah Juarai Sekolah Adiwiyata Kabupaten

401-ADIWIYATA

PURBALINGGA, BLH Tiga jenjang sekolah, masing-masing Sekolah Dasar (SD) Sekolah Menengan Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Purbalingga menjadi juara sekolah Adiwiyata Tingkat Kabupaten. Ketiga sekolah tersebut adalah SDN 1 Purbalingga Wetan, SMPN 1 Purbalingga dan SMAN 1 Kejobong.

“Ketiga sekolah tersebut menjadi Juara Sekolah Adiwiyata untuk tingkat kabupaten. Dan selanjutnya, kami sudah mengajukan enam sekolah untuk lomba yang sama ke tingkat provinsi,”kata Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Purbalingga Ichda Masriyanto saaat mendampingi Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhaendrianto  pada penyerahan Piala/Penghargaan Sekolah Adiwiyata usai Upacara Hardiknas Tahun 2015 Tingkat Kabupaten Purbalingga di Alun-alun Purbalingga, Sabtu (2/5).

Ichda menjelaskan, keenam sekolah tersebut sudah diusulkan maju ketingkat provinsi untuk mewakili Purbalingga dan menjadi wakil Jawa Tengah.

“Keenam sekolah tersebut adalah SDN 1 Purbalingga Wetan, SMPN 1 Purbalingga, SMPN 2 Bobotsari dan SMPN 3 Purbalingga. Selanjutnya SMAN 1 Kejobong dan SMKN 1 Purbalingga. Dan untuk maju ke tingkat provinsi dalam lomba tersebut harus mempunyai standar nilai 64 serta untuk kabupaten 56, sedangkan untuk maju ke tingkat nasional nilai standarnya minimal 72,”jelasnya.

Ichda menambahkan, bahwa yang terpenting dalam lomba tersebut adalah bukan piala. Tetapi lebih memberi edukasi kepada sekolah tentang  kepedulian dan budaya terhadap lingkungannya, sehingga sekolah mampu berpartisipasi dan melakukan upaya pelestarian lingkungan.

“Selain sekolah menjadi sehat dan bersih serta indah. Tujuan utama dari lomba ini bukan piala atau penghargaan semata, tetapi untuk mengedukasi agar sekolah lebih peduli serta berbudaya terhadap lingkungan. Sehingga sekolah mampu berpartisipasi dan melakukan upaya pelestarian lingkungan,”tuturnya.

Dengan adanya program adiwiyata sambungnya, diharapkan seluruh masyarakat di sekitar sekolah agar dapat menyadari bahwa lingkungan yang hijau adalah lingkungan yang sehat bagi kesehatan tubuh.

“Sedangkan tujuan utamanya adalah, untuk membentuk sekolah peduli dan berbudaya lingkungan yang mampu berpartisipasi serta melaksanakan upaya pelestarian lingkungan. Selain itu juga, untuk pembangunan berkelanjutan bagi kepentingan generasi sekarang, maupun yang akan datang. Dan tujuan khususnya adala untuk mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan melalui tata kelola sekolah yang baik,”ujarnya. (BLH/Skm)

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *