Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Jawa Tengah

S

BANJARNEGARA, BLH – Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tingkat Jawa Tengah Tahun 2015 dipusatkan di Kabupaten Banjarnegara. Kegiatan yang bertema nasional ‘Mimpi dan Aksi Bersama untuk Berkelanjutan Kehidupan di Bumi’ ini dibuka oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko di pendapa Kabupaten Banjarnegara, Jumat (5/6).

42 elemen masyarakat dari unsur SD, SMP, SMA, kelurahan, aktivis lingkungan, dan dunia usaha, menerima penghargaan dari Pemprov Jateng. Para penerima penghargaan itu selama ini terbukti telah berupaya dan bekerja sama dalam pelestarian lingkungan. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko.”Ini wujud penghargaan kami atas kepedulian mereka akan kelestarian alam,” tutur Wagub.

Dalam kesempatan itu, Heru juga mengajak semua elemen masyarakat menjadikan pelestarian lingkungan sebagai gaya hidup dalam aktivitas sehari-hari. Sebab saat ini, tingkat kerusakan alam sudah mencapai titik yang mengkhawatirkan. ”Pelestarian lingkungan akan selalu menjadi tantangan ke depan. Industri yang diperlukan untuk menggerakkan ekonomi, telah memengaruhi kondisi lingkungan,”

Sementara itu, Pemprov melalui Badan Lingkungan Hidup (BLH) Jateng mengajak semua elemen masyarakat untuk melestarikan lingkungan. Kepala BLH Jateng Agus Riyanto mengatakan, peringatan Hari Lingkungan Hidup adalah momentum untuk merenungi sejauhmana keberhasilan upaya pelestarian lingkungan. Saat ini, BLH Jateng telah mencanangkan beberapa program yang melibatkan masyarakat dalam upaya pelestarian lingkungan, yakni Gerakan Resik-Resik Kali, pemberdayaan masyarakat, bantuan bibit tanaman konservasi, bantuan tong sampah, bantuan biogas, gerakan biopori, fasilitasi peraturan desa tentang lingkungan hidup, pameran produk ramah lingkungan, dan daur ulang sampah.

Memeriahkan peringatan hari lingkungan hidup ini, enam kabupaten di provinsi Jawa Tengah yaitu Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Banyumas, dan Kebumen berpartisipasi menyediakan stand pameran produksi ramah lingkungan. Dari Kabupaten Purbalingga, stand pameran diisi dengan produk-produk unggulan dari Bank Sampah binaan BLH Kabupaten Purbalingga. (BLH/ac)

S   S   S   S   S   S   S   S

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *