3 RTH Baru Menghiasi Kota Purbalingga

PURBALINGGA, BLH – Banyak faktor yang harus dibenahi agar wajah kota Purbalingga semakin sejuk dan hijau. Peningkatan ruang terbuka hijau, menambah hutan kota, serta menghimbau masyarakat untuk berperan aktif mendukung kegiatan Pemerintah Kabupaten Purbalingga.

Kota Hijau merupakan kota yang ramah lingkungan dengan memanfaatkan secara efektif dan efisien sumberdaya air dan energi, mengurangi limbah, menerapkan sistem transportasi terpadu, menjamin kesehatan lingkungan, mensinergikan lingkungan alami dan buatan, berdasarkan perencanaan dan perancangan kota yang berpihak pada prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan.

Untuk menata kota lebih hijau telah dilakukan penataan taman alun alun agar terlihat nyaman dan asri, penggantian paving trotoar di wilayah kota, menyediakan tempat sampah terpilah, pembenahan TPA Banjaran di kecamatan Bojongsari, serta penambahan Ruang Terbuka Hijau (RTH) baru.

Akhir tahun 2013, Kabupaten Purbalingga akan semakin indah karena beberapa taman akan ikut menghias wajah kota perwira, Purbalingga. Setelah Utsman Jannatin park dan Sentul Garden, kini pemkab Purbalingga telah menyelesaikan 3 petak taman lagi, mereka adalah :

1. TAMAN RTH BOJONG, terletak di pertigaan Batalyon Candrakusuma dan bersebelahan dengan pasar.

S  SS  S

2. HUTAN KOTA, terletak di Jln. Gemuruh tepatnya di depan SMK N 3 Purbalingga.

S  SS  S

3. TAMAN MAERAKACA, taman ini berada di perempatan BRI Bancar, berseberangan dengan Kodim, tepat di gapura BBC (Bancar Badhog Center), dan tepat di tepi sungai Klawing.

S  S

Diharapkan taman tersebut dapat menjadi tempat rekreasi dan bermain anak bersama keluarga yang murah meriah, serta sebagai upaya mendorong terwujudnya Purbalingga sebagai kota hijau khususnya melalui perwujudan Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan untuk memenuhi amanat Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang. (BLH/ac)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.