Anugerah Adipura ke-5 Diterima Wakil Bupati

Adipura 2013 (Ke-Lima)Wakil Bupati Purbalingga Drs H Sukento Ridho Marhaendrianto MM, Senin malam (10/6) menerima secara langsung anugerah Adipura untuk kota Purbalingga dari Menteri Lingkungan Hidup RI Bhaltasar Kambuaya. Penghargaan untuk kali kelima ini diterimakan di Assembly Hall Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan.

Pada pagi harinya, Wabup Sukento juga menghadiri penerimaan penghargaan anugerah Adipura di Istana Negara oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudoyono. Untuk tahun ini, presiden hanya memberikan secara langsung penghargaan Kalpataru, Anugerah Adipura Kencana dan penerima anugerah Adipura untuk kali pertama.

“Ini prestasi yang luar biasa dari Pak Bupati dan seluruh masyarakat Purbalingga. Semua lini menyambut penilaian Adipura begitu antusias. Kita semua telah bekerja keras,” ungkap Wabup usai penerimaan piala Adipura di Jakarta, Senin malam (10/6).

Menurut Wabup, kalau pengelolaan Tempat Pengolahan Sampah Akhir (TPA) Banjaran telah dikelola sesuai dengan ketentuan, semestinya Purbalingga berpeluang mendapatkan Adipura Kencana. Pada penilaian P2 lalu, Purbalingga telah menjadi nominator penerima Adipura Kencana.

“Penerimaan Adipura kali ini sekaligus sebagai kado istimewa bagi Pak Bupati yang akan segera menjabat Wakil Gubernur Jawa Tengah,” tambahnya.

Sebelumnya, Bupati Drs H Heru Sudjatmoko MSi mengungkapkan, diterimanya Adipura kelima kalinya bagi Purbalingga memiliki konsekwensi logis agar kita semua mampu mempertanggungjawabkan penghargaan itu.

Menurut Bupati, penghargaan Adipura bukan sebagai tujuan utama. Yang terpenting pola hidup sehat dan bersih harus terus menjadi budaya masyarakat Purbalingga. Semua pihak juga perlu terus melaksanakan gerakan menanam dan memelihara pohon dan sekaligus menanamkan budaya bersih sejak dini.

“Konsekuensinya, kita harus terus berupaya meningkatkan kebersihan, keindahan, dan kenyamanan kota,” katanya.

Terpisah, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Purbalingga Drs Ichda Masriyanto MM mengaku terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas lingkungan menjadi lebih tertata dan hijau. Diantaranya, dengan meningkatkan peran serta masyarakat melalui pembinaan kelembagaan baik melalui komunitas hijau maupun pembentukan Bank Sampah di sejumlah wilayah. Seperti di Kelurahan Purbalingga Kidul, Purbalingga Lor dan Kelurahan Bancar.

“Tahun ini kita segera merealisasikan tambahan pembangunan taman dan hutan kota baru. Disamping meningkatkan kualitas taman dan hutan kota yang sudah ada,” jelasnya.

Dia berharap keberadaan taman dan hutan kota yang baru, dapat lebih mendukung keinginan Purbalingga memperoleh Adipura Kencana pada tahun depan. Taman kota yang tengah di bangun diantaranya Taman Bojong, Taman Wasesa, hutan kota Kedungmenjangan dan segera menyusul pembangunan hutan kota di komplek Widya Mandala. (Humas/Hr)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *